idA.K

Laskar Pelangi

Posted on: May 26, 2006

Buku ini saya kategorikan dalam buku ‘menggigit’. Disebabkan tema cerita yang ‘menipu’. Mengisahkan kelompok anak-anak dari sekolah underdog dengan dunia yang seindah warna-warni pelangi.

Realita dan fiksi diramu dalam tungku imajinasi dan dipanaskan dengan kayu bakar fluktuasi klimaks-anti klimaks.
Membaca buku ini dapat membuat Anda terpingkal-pingkal, terpesona, sedih, penasaran, kadang serius, bahkan teramat serius. Kisah masa kecil dan petualangan sebagai penawar rasa ingin tahu yang semua orang pasti pernah mengalaminya, termasuk saya.
Menyegerakan untuk menghabiskan seluruh halaman dalam buku ini bagi saya teramat sayang. Saya lebih tertarik untuk menyisihkan sebagian akhir dari kue coklat nan lezat ini, pada awalnya. Namun karena penasaran, habis juga kuenya.
Meski secara penulisan agak membingungkan, dengan memposisikan penulis dalam sisi ‘aku’ kemudian menjadi ’seseorang’, kemudian menjadi ‘aku’ kembali, namun dapat dimaklumi, karena cita rasa dari buku ini rasanya dapat membayar hal tersebut.
Andrea menampilkan pemikiran yang konsisten pada realita kehidupan di akhir penulisan, meski di awal banyak disuguhkan balon-balon imajinasi.
Akhirnya, saya menunggu karya-karya menggigit selanjutnya.

Leave a Reply

