idA.K

Air Zamzam

Posted on: January 4, 2008

zamzam

Air zamzam. Konon kabarnya sudah lebih dari 4000 tahun digunakan. Sumur zamzam keluar di daerah yang non perenial di tengah padang gurun yang gersang, diantara bukit Safa dan Marwah. Letaknya sekitar 20 meter di sebelah timur Ka’bah. Memiliki kedalaman sekitar 30.5 meter dan diameter yang bervariasi dari 1.08 sampai 2.66 meter. Sumur ini tidak meluber sekalipun airnya tersedia dalam jumlah yang berlimpah, dan tidak pula kering, kecuali pada hari sebelum hari akhir.

Puluhan juta jamaah haji setiap tahunnya menggunakan sumber air ini, namun airnya tidak kunjung habis. Setiap orang setiap tahunnya membawa pulang 10 sampai 20 liter air zamzam dalam botol plastik sebagai oleh-oleh. Zamzam diambil dari kata Zomë Zomë, kata yang dikeluarkan Siti Hajar, bunda Nabi Ismail, Isteri Nabi Ibrahim, yang berarti ‘hentikan alirannya’ ketika pertama kali sumber air ini keluar dari perut bumi, disebabkan karena begitu banyaknya air yang keluar dari mata air ini.

Sebelum sampai ke tangan jamaah haji dalam fountain yang terdapat di sepanjang Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa, air zamzam sebagai air tanah telah melalui beberapa proses penyaringan dan dijaga kemurniannya dari air sungai yang mengalir di sekitarnya maupun dari air rembesan air hujan. Kemurnian, keaslian, pemompaan, penyimpanan, dan kualitasnya, serta debit air dan kadar pH nya dikontrol oleh Saudi Geological Survey, yang menaungi Pusat Studi dan Riset air zamzam, dibawah titah suci kerajaan Saudi Arabia, yang dipimpin oleh Yang Mulia Raja Abdullah bin Abdulaziz dan Raja Fahd bin Abdulaziz, sebagai Khadim Al Haramayn, pelayan dua tanah suci Makkah al Mukarramah dan Madinah Al Munawwarah.

Air zamzam mengenyangkan bila diminum. Juga memiliki sifat menyembuhkan terhadap berbagai macam penyakit. ‘Zamzam lima syuriba lahu‘, air zamzam akan melaksanakan pesan dan niat yang meminumnya, sabda Rasulullah. Di dalamnya terkandung berbagai macam mineral seperti kalsium, magnesium, dan fluoride yang berkhasiat diantaranya untuk menyesuaikan tingkat asam di dalam lambung, memperkuat tulang, dan lainnya. Meminumnya harus dengan perlakuan yang sopan, kalau bisa menghadap kiblat, disertai dengan hajat atau doa dan permohonan.

I’ve been thinking, mengapa tidak dijual bebas atau diekspor seperti minuman dalam kemasan lainnya? Agar bagi mereka yang jauh dapat menjangkaunya dengan mudah. Belakangan diketahui bahwa pemerintah Arab Saudi melarang ekspor komersial air zamzam. Banyaknya permintaan impor air zamzam pada akhirnya menciptakan produk tiruan yang fungsinya jauh dari khasiat aslinya. Bahkan produk air zamzam tiruan ini ditengarai mengandung zat arsenic dalam kadar yang membahayakan kesehatan manusia.

Advertisements

2 Responses to "Air Zamzam"

Dilarang export aja buktinya banyak dipasarkan, dicileduk ada. kalo gak salah lihat “bener donk :D” diperempatan jalan masjid sebelum kampus BL itu ada resto steik ada spanduk jual air zam-zam …. nach loe…. fulus … fulus ….

itu bukan aer zamzam, aer jamjam kali tuh. ato aer sumur. Pan sekarang jemaah haji udah gak boleh bawa aer zamzam banyak2 lagi. Jadi kira2, aer apa yah? halal…halal…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Recent Quakes

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: