idA.K

simple ‘self-hypnosis’

Posted on: July 21, 2008

Pagi ini, entah kenapa (halah, kok awalannya begini terus?).

Alkisah, pada pagi ini, tiba-tiba diriku ingin sekali merasakan kegembiraan yang kontinyu. Maksudnya, I forced myself to be happy this day, by saying ‘I’m happy, I’m happy, …’ over and over again from time to time, ngucapinnya di dalam hati tentunya, kalo nggak, ntar dikira orgil komat kamit sendirian.

Terutama pas ngerasa raut wajah eike kurang hepi, dikumandangkan lagi bisikan ‘I’m happy’ tadi berulang2. Hasilnya, I’m happy today.

Menurut wiki, yang barusan eike lakukan tadi adalah termasuk dalam kategori self-hypnosis:

Self-Hypnosis is a naturally occurring state of mind which can be defined as a heightened state of focused concentration (trance), with the willingness to follow instructions (suggestibility).

Wah, ribet yah, di wiki malah ada step2nya dan tips2-nya juga buat ngelakuin itu.

Tapi buat eike, simpel self-hypnosis ala eike punya fiosofi sebagai berikut:

1. Ketika kita udah ada niatan untuk berubah atau melakukan sesuatu, apapun kasusnya, tetapkanlah dan fokus pada tujuan tersebut.

2. Bergeraklah, lakukanlah perbaikan sedikit demi sedikit untuk mengarah pada tujuan tadi. (misalnya dengan mengatakan pada diri sendiri: ‘I’m happy’ berulang-ulang)

3. Komitmen dengan tujuan, dan kontinyu dengan perbuatan yang telah dilakukan.

4. Yakin dan percaya, bahwa apa yang kita inginkan akan tercapai.

Kalau dalam Islam, ada konsep bahwa Allah itu sesuai persangkaan hamba-Nya. Jadi, dengan ber-positive thinking, dan yakin dan percaya, bahwa apa yang kita inginkan akan tercapai, ya insya Allah tercapai, asal yakin dan percaya, dan kita sudah berusaha, dan berdoa tentunya.

5. Jangan takut dan jangan mudah kecewa.

Masih nyambung sama poin nomer 4 di atas, kalo emang ternyata usaha kita udah keras banget, dan doa juga udah, tapi belom kesampean juga keinginan, berarti mungkin ini belum saatnya, belum waktu yang terbaik untuk kita, atau sesuatu itu bukan yang terbaik untuk kita, atau ada yang lebih baik dari yang kita inginkan yang telah digariskan Allah untuk kita. Gak papa, jangan kuatir, hidup ini terlalu indah, masih banyak jalan untuk kita mencapai tujuan, jangan lantas kecewa dan desperate. Usahakan jalan lain, coz He’ll never sleep. Pada setiap apa yang kita usahakan, terbayar poin2 pahala dan amal, jika kita serius dan all out untuk melakukannya. Dan yakinlah, pada saatnya nanti, kita akan dihadapkan pada saat di mana kita bisa berkata dengan indah, ‘This is the answer of my pray, thank You, Lord..’.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: