idA.K

Leadership Forum

Posted on: November 26, 2008

Senang sekali bisa mendengarkan pendapat tokoh-tokoh yang di-consider sebagai leaders, baik di bidang business maupun politik pada forum leadership yang diadakan di hotel Le Meridien Rabu 26 November 2008 tadi. Ada 5 tokoh yang hadir dalam diskusi tersebut, secara berurutan yaitu Sandiaga Uno, Tony Chen, Fransiscus Welirang, Indra J Piliang, dan Rizal Mallarangeng. Masing-masing secara bergantian mengemukakan pendapatnya mengenai karakter dan bekal yang harus dimiliki oleh seorang leader, kemudian diselingi dengan sesi tanya-jawab.

Kalau menurut Pak Sandi, panggilan buat Sandiaga Uno, mantan ketua HIPMI dan CEO Saratoga Capital, leader yang sebenarnya akan muncul di saat krisis. Artinya, pada saat krisis-krisis, baik tahun 98 maupun sekarang, nantinya akan melahirkan leader yang sesungguhnya. -Bahkan Pak Sandi sempat membuat statement kalau rupiah pada akhir Desember nanti akan berada di bawah 10.000; berdasarkan hasil analisa 5 economist yang dimilikinya.- Beliau juga sempat ‘meramalkan’ bahwa leaders di masa depan akan muncul dari kalangan orang-orang yang terbiasa bekerja di multinational company, entrepreneur, maupun kutu loncat yang sering berpindah-pindah kerja (in a good way); all and all karena culture yang dimilikinya.  Kemudian dari segi background pendidikan, akan banyak muncul leader yang berasal dari disiplin ilmu liberal art & science. Kemudian mereka-mereka yang memiliki ekstrskurikuler di bidang sports maupun debate. Mengenai karakter, kehandalan dalam idea distribution, kemampuan memotivasi, peduli dan jujur, serta memiliki sense of humor, ialah beberapa dari faktor utama yang membentuk seorang leader.

Lain Pak Sandi, lain pula Pak Tony Chen dari Microsoft Indonesia. Beliau menyoroti beberapa hal berkaitan dengan teknologi di Indonesia dan beberapa hal terkait dengan piracy. Bahwa kepemilikan PC di sini hanya 3%, dan bahwa di sekolah-sekolah, jika dirasiokan, satu PC itu di-share dengan 1000 siswa !!! Bagaimana bisa maksimal pembelajarannya? Soal leadership, beliau menuturkan beberapa karakter ideal yang harus dimiliki seorang leader diantaranya mereka yang bisa live the value, lead by example, dan think big – do big.

Berlanjut ke pendapat ke-tiga dari Pak Fransiscus (Frank) Welirang, direktur Indofood sukses makmur. Sebelumnya beliau lumayan banyak menyoroti mengenai krisis pangan dan ledakan penduduk di Indonesia. Ada benang merah yang dimiliki semua leader, terlepas dari gaya kepemimpinannya pada saat-saat yang berbeda, yaitu konsistensi, environmental scanning, dan kemampuan berkomunikasi.

Sesi kedua adalah pendapat dari bidang politik. Narasumber yang hadir yaitu Rizal Mallarangeng (mantan capres yang sudah mundur dari kancah pencalonan), dan Indra J Piliang, dengan dimoderatori Bima Arya dari Leads Institute. Di sini juga sempat disorot mengenai aksi sportif McCain memberikan selamat kepada Obama, sesuatu yang jarang ada di pemilihan-pemilihan leader di Indonesia (termasuk pilkada); ya, itu kan karena prosesnya di sana juga bersih banget, Pak, lain sama di sini. Seterusnya, di sesi yang ini udah nggak konsen lagi, soalnya udah laper banget, hehehe..

Tapi ada satu kesimpulan yang dapat diambil dari semua pendapat para tokoh, bahwa seorang leader, seperti seorang nahkoda kapal, boleh bergerak maju, boleh belok ke kiri, ke kanan, putar arah, atau apapun, bahkan boleh gagal sekalipun. Tapi ada satu hal yang sedikitpun tidak boleh dimiliki seorang leader, yaitu sifat penuh keragu-raguan. Rasanya ini berlaku untuk semua leader dalam kapasitas apapun, baik di dalam masyarakat, negara, maupun rumah tangga.

Nah, di 2009 nanti kita akan butuh pemimpin yang punya visi, dan tahu bagaimana cara untuk menuju ke sana, serta berbagai syarat karakter dan kapasitas yang mumpuni sebagai seorang pemimpin bangsa. Akankah penantian kita berujung manis? Kita lihat saja nanti.

Advertisements

1 Response to "Leadership Forum"

say, kok blognya ga diupdate lagee? diriku suka ama blog marketing mu lhooo. Barokallah fyk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

RSS Recent Quakes

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: